Tertarik Ambil Jurusan Arsitektur? Kenali Dulu Seluk-beluknya

Menjadi arsitek membutuhkan proses yang panjang. Beberapa orang mengira menjadi arsitektur hanya butuh kemampuan menggambar. Padahal masih banyak ilmu lain yang harus dikuasai, seperti teknik, desain, manajemen, dan matematika. Memang tidak bisa dibilang mudah, tetapi semuanya bisa kamu pelajari saat masuk jurusan Arsitektur di perguruan tinggi. 

Mengenal Jurusan Arsitektur

Jurusan Arsitektur
Sumber : Envato

Arsitektur merupakan disiplin ilmu yang mempelajari semua hal yang berkaitan dengan bangunan. Baru-baru ini, beberapa ahli arsitektur memperluas definisi tersebut untuk tidak hanya mencakup bangunannya saja. Namun juga kawasan tempat di mana bangunan tersebut didirikan.

Ruang lingkup program studi ini juga sudah diperluas. Jadi, tidak hanya fokus mempelajari desain bangunan. Jurusan Arsitektur mendalami tentang desain ruang terbuka, rancang bangun, desain fisik kota, dan lanskap.

Syarat Masuk Jurusan Arsitektur

Jurusan Arsitektur
Sumber : Envato

Arsitektur adalah program studi dibawah Fakultas Teknik yang memiliki cukup banyak peminat. Kalau kamu tertarik kuliah di jurusan ini, ketahui dulu beberapa hal yang harus kamu persiapkan berikut ini.

  1. Tak harus jago menggambar

Jurusan Arsitektur memang tak bisa lepas dari kegiatan menggambar. Tapi tahukah kamu bahwa kamu tak harus berbakat dalam menggambar? Ilmu yang justru harus dimiliki oleh mahasiswa Arsitektur adalah Matematika. 

Hampir semua mata kuliah di jurusan ini melibatkan ilmu Matematika. Contohnya seperti Kalkulus, Matematika Arsitektur, dan Komputasi Keruangan. Beberapa mata kuliah bahkan memerlukan ilmu Sains, seperti Prinsip Struktur, Fisika Bangunan, Tektonika Arsitektur, dan sebagainya. Jadi, bukan hanya menggambar saja, ya!

  1. Memiliki jiwa seni

Mahasiswa Arsitektur dituntut untuk memiliki jiwa seni dan estetika. Namun bukan berarti kamu harus mahir dalam menggambar. Kamu hanya perlu memiliki selera seni dan estetika. Sebab, keduanya ibarat nyawa yang bisa menghidupkan setiap desain para arsitek. Jadi, tak hanya sekadar merancang bangunan yang fungsional saja, namun juga sarat dengan nilai keindahan.

Jiwa seni bukanlah sesuatu yang kamu miliki sejak lahir, melainkan harus dilatih. Oleh karena itu, jurusan Arsitektur memiliki mata kuliah wajib seperti Seni Rupa, Teori Arsitektur dan Estetika Bentuk. 

  1. Kreatif dan imajinatif

Sekali lagi, kemampuan menggambar bukanlah aspek utama yang harus dimiliki oleh calon mahasiswa Arsitektur. Justru yang jauh lebih penting adalah kreativitas. Kemampuan ini dibutuhkan untuk memecahkan berbagai masalah dalam proses perancangan.

Mungkin kamu jago menggambar dan ahli di bidang Matematika. Tapi kreativitas dan imajinasimu lah yang mampu memberikan nilai seni dalam setiap karya arsitektur yang kamu buat.

  1. Menguasai program desain 2D dan 3D

Alih-alih menggambar manual, calon mahasiswa Arsitektur sangat disarankan untuk lebih menguasai software desain 2D dan 3D. Diantaranya seperti Google Sketchup dan AutoCAD. Tak hanya itu, kamu juga harus mahir mengoperasikan program desain populer seperti Photoshop dan Corel Draw.

Kalau kamu benar-benar mau ambil jurusan Arsitektur, cobalah untuk mulai mempelajari program-program tersebut.  Memang saat kuliah kamu akan lebih banyak berkutat dengan gambar manual. Namun berbeda dengan dunia kerja dimana semuanya serba digital.

  1. Kuat mental, tekun, dan sabar

Arsitektur adalah salah satu jurusan kuliah yang dianggap paling sulit. Program studi ini merupakan perpaduan antara disiplin ilmu seni dan teknik. Kamu akan mempelajari banyak hal tentang desain dan konstruksi bangunan dari berbagai perspektif ilmu.

Pada tahun-tahun awal perkuliahan, kamu mungkin akan merasa lelah mental. Banyak mahasiswa Arsitektur tingkat pertama yang merasa kesulitan menyesuaikan diri dengan ritme perkuliahan. Tapi tenang saja, ini bukan sesuatu yang perlu kamu takuti. Kamu hanya butuh ketekunan dan kesabaran untuk melalui semuanya. 

Bagaimana, apakah kamu masih tertarik dengan jurusan Arsitektur? Kalau iya, BINUS @Kemanggisan punya program studi Arsitektur yang sudah terakreditasi A, lho. Bahkan jurusan Arsitektur di BINUS @Kemanggisan menempati peringkat dunia 1201+ versi THE WUR. Tunggu apalagi? Yuk, jadi arsitek andal bersama BINUS @Kemanggisan sekarang juga.