Abstract

Salah satu tantangan bagi para pendidik dimasa yang akan datang adalah bahwa para pendidik dihadapkan pada mahasiswa dengan kemampuan penguasaan teknologi yang tinggi dan disertai banjirnya informasi akan setiap objek yang dipelajari. Hal ini disatu sisi akan membuat setiap materi mudah dipelajari namun disisi lain akan membuat mahasiswa menjadi malas dan cenderung menganggap remeh setiap masalah karena informasi akan sangat mudah diperoleh. Kemajuan di sektor bisnis dan hiburan menggerakkan evolusi perangkat komputer dengan teknologi yang semakin canggih yang mampu membuat segala sesuatu menjadi semakin mudah. Maka disinilah para peneliti dan pendidik juga mulai berlomba untuk menggali potensi, mengembangkan strategi pedagogis, membuat bahan ajar, dan membangun infrastruktur berbasis teknologi dan pendidikan untuk menemukan sistim pembelajaran yang lebih diminati oleh para siswa dan mampu menghadirkan pendidikan dengan kualitas tinggi sekaligus mudah dan menyenangkan. Pendidik juga dituntut agar sebagian dari peralatan hiburan tersebut tidak hanya dapat digunakan sebagai alat untuk bersenang-senang saja namun juga mampu menghadirkan potensi dibidang pendidikan sebagai alat pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.