Apa yang ada dalam benak anda jika mendengar kata APARTEMEN….??

Beberapa jawaban yang saya peroleh dari pertanyaan iseng pada mahasiswa, terutama yang akan diberikan tugas untuk merancang apartemen antara lain adalah

… Ah pasti bentuknya kotak kotak gitu deh… bosenin

… Yah.. paling.. gak jauh dari bentuk macem hotel… mmm Rusun lebih tepatnya sich… he he

… Emang  gak ada tugas yang jauh lebih menantang sih?… kapan kita berkembangnya dong pak?

… Gawat pak… ntar jenuh loh pak sama desain yang itu itu saja….

Mmmm…  sepintas barangkali jawaban mereka memang ada benarnya… standardisasi ruangan, ukuran serta kriteria yang selalu muncul dan ada disekitar kita secara mayoritas mengarah kepada typical model desain yang semacam itu, plus beberapa keinginan dari pemangku kepentingan yang condong terhadap masalah biaya yang ketat dan tingkat kemudahan dalam konstruksi… maka lengkaplah sudah typical semacam itu yang muncul dibenak para mahasiswa.

Mahasiswa dengan gagasannya yang begitu banyak sebetulnya memiliki banyak kesempatan untuk menuangkan gagasan “liar” nya yang bisa menembus batas-batas model typikalitas tadi… sehingga apa yang biasa muncul disekitarnya bukanlah alasan untuk dijadikan barometer terhadap keanekaragaman ide.

Di Jepang sana, mereka memberikan sentuhan berbeda pada bentuk desain apartemen yang tidak harus typical seperti yang dikemukakan beberapa mahasiswa tadi.

Idenya adalah membuat apartemen khusus bagi penghuni yang hanya ingin atau hanya memiliki kendaraan roda dua alias motor!!.

Sebagai pengguna motor terutama yang tinggal di Indonesia, pasti banyak yang merasa bahwa pengendara motor acapkali “dikucilkan” terutama bila kita lihat banyak mal yang tidak menyediakan lahan parkir motor yang memadai…  bagaimana dengan motor yang parkir di Apartemen??… hmmm ter-la-lu … (mode bang roma)

Desain apartemen ini hanya terdiri dari 8 buah kamar yang sangat dinamis dan yang paling unik adalah pada desain garasi yang dibuat khusus untuk motor. Masing-masing apartemen tersebut memiliki akses garasinya sendiri-sendiri sehingga tidak perlu khawatir di gondol maling.

Bentuk bangunannya pun ternyata sangat unik, jauh dari anggapan “monotone” yang ada disekitar kita, dengan bentuk menyerupai huruf C dengan bagian tengah yang kosong, sang perancang menjadikannya sebagai akses utama keluar masuk untuk ke apartemen masing-masing.

Bangunan yang didisain oleh beberapa arsitek Jepang yaitu Akiyoshi Takagi, Yuji Nakae dan Hirofumi Ohno ini memang memberikan inspirasi yang berbeda… mereka mencoba untuk berpikir “out of the box” …..

Hasilnya… hmmm

Desain yang menginspirasi…. bagaimana dengan anda? …

 

sumber