People Innovation Excellence

Tren Urban Desain 2014

Menitik beratkan pada factor pejalan kaki untuk desain kota adalah salah satu tren urban planning 2014 menurut James Bartolacci pada website Architizer.com.  Salah satu desain kota semacam ini adalah di kota San Fransisco.  Konsep ini muncul  ketika gempa bumi Loma Prieta melanda kota tersebut di tahun 1989 dan menimbulkan kerusakan hebat kota Embarcader dan Central freeways.  Pendekatan yang digunakan untuk merekonstruksinya adalah bukan dengan cara membangun kembali dua jalan arteri tersebut, namun dengan merencanakan sebuah infrastruktur yang lebih ramah kepada pajalan kaki dan menjadikan kota tersebut menjadi sebuah kota yang disebut “pedestrian-friendly city”.

Hasil dari desain ini adalah menyambungnya kembali lingkungan-lingkungan bangunan, yang dahulunya terpisah oleh jalan-jalan utama.  Taman-taman, trotoar pejalan kaki dan sepeda menjadi penyambung lingkungan-lingkungan bangunan tersebut.

Sejalan dengan pendekatan tersebut, mahasiswa arsitektur landscape Erik Jensen dan Justin Richardson mengusulkan untuk merombak 280 freeway dan mengisinya menjadi area untuk seni dan berkumpulnya komunitas-komunitas dan area yang dekat dengan laut dijadikan area buffer untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan tinggi air laut.

Tren lainnya meliputi: konsep “coastal city” melalui pendekatan desain optimal untuk mengantisipasi perubahan iklim, pendekatan arsitektur yang bebas energy listrik dan karbon, Supervisi yang ketat untuk proyek-proyek baru gedung pencakar langit dan solusi pembangunan rumah susun rendah untuk masyarakat berpendapatan rendah.

Lengkapnya dapat dibaca di: http://architizer.com/blog/trends-of-2014/

Capture

Michael Van Valkenburgh Associates’ Park Over the Highway, image courtesy of CityArchRiver


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close