Final Projects
Intan Aulia Augustina

Intan Aulia Augustina

2440113383
Title SEKOLAH LUAR BIASA TUNARUNGU DENGAN PENDEKATAN DEAF SPACE DI JAKARTA PUSAT
Description Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pendekatan Deaf Space dapat membantu anak tunarungu beraktivitas di sekolah dengan menerapkan lima prinsip Deaf Space yaitu Mobility and Proximity, Sensory Reach, Space and Proximity, Light and Color, dan Acoustic pada gedung sekolah luar biasa tunarungu di Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu dengan cara mengumpulan data primer dan sekunder. Untuk data primer diperoleh dengan cara melakukan observasi dan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari studi literatur berbagai jurnal ilmiah, buku, dan artikel yang berkaitan dengan judul project, salah satu buku yang penulis gunakan sebagai pedoman literatur dalam penelitian ini yaitu, buku karya Hansel Bauman yang berjudul Deaf Space Guidelines. Analisis kebutuhan dan standar ruang yang diperoleh bersumber dari peraturan pemerintah. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah konsep sekolah luar biasa tunarungu di Jakarta Pusat yang dapat membantu anak tunarungu mengandalkan penglihatannya untuk dapat bergerak dan berkomunikasi dengan orang lain di sekolah.