TitleSekolah Inklusi dengan Pendekatan Perilaku di Jakarta Barat
DescriptionPenelitian bertujuan untuk menjelaskan bagaimana prasarana dan fasilitas yang akan diterapkan pada sekolah dasar dan menengah pertama inklusi di daerah Jakarta Barat yang dapat menunjang kegiatan seluruh siswa termasuk siswa berkebutuhan khusus di sekolah. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Analisis data dilakukan berdasarkan aspek perencanaan sekolah yang meliputi perilaku siswa sekolah dasar dan menengah pertama, perilaku anak berkebutuhan khusus, serta kebutuhan penunjang lain yang dibutuhkan seluruh siswa. Hasil penelitian adalah gambaran perencanaan yang diterapkan dalam perancangan bangunan sekolah inklusi beserta prasarana dan fasilitas, seperti penyediaan ruang penunjang inklusi bagi siswa berkebutuhan khusus (ruang kelas kecil, ruang stimulasi, ruang tenang dan ruang terapi sederhana), area transisi, peletakan entrance yang berbeda antara siswa sekolah dasar dan menengah pertama, serta penyediaan fasilitas yang tidak diskriminatif.