TitleSekolah Dasar Ramah Anak dengan Pendekatan Child-Centered di Jakarta Barat
DescriptionPenelitian ini menjelaskan bagaimana pemusatan pada anak dapat memengaruhi desain suatu bangunan yang mana bengunan yang diteliti merupakan sekolah dasar. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana menghasilkan desain perancangan sekolah dasar ramah anak yang dapat meningkatkan interasi antar anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Analisis yang digunakan adalah analisa ini dengan open coding dan analisa deskriptf. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner kepada anak-anak tingkat atas (kelas 4 dan kelas 5). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemusatan pada anak merupakan hal yang penting untuk diperhatikan sebelum mendesain suatu bangunan apabila anak-anak berperan sebagai pengguna utama bangunan tersebut. Perilaku anak harus diperhatikan dan motede pembelajaran berdasarkan child-centered adalah mengkolaborasikan antara kurikulum dengan permainan, serta menyediakan ruang rekreasi, area bermain outdoor, area belajar semi-outdoor, dan ruang lainnya.