Final Projects
Passya Nursabrina

Passya Nursabrina

Passya Nursabrina
Title Sekolah Dasar Inklusif dengan Konsep Multisensori Desain di Jakarta Selatan
Description Salah satu dari hak warga negara Indonesia adalah hak untuk memperoleh pendidikan, dan mendapatkan pendidikan yang layak serta fasilitas pendukung yang layak termasuk para penyandang disabilitas. Anak disabilitas adalah yang paling dirugikan dan mengalami kesulitan dalam mengakses dan menyelesaikan pendidikan, Anak dengan disabilitas terbanyak berada di wilayah Jakarta Selatan. Paper ini menyajikan studi tentang pendidikan inklusif dan bagaimana menerapkan multisensory desain ke sekolah inklusif. Penerapan multisensori desain dapat memberikan informasi, serta memorial yang dapat dirasakan dengan indera aktif sehingga membuat pengguna merasa nyaman dan memiliki motivasi dalam belajar. Penelitian paper ini bertujuan untuk mencari tahu apakah sekolah inklusif sudah menerapkan multisensori desain dan bagaimana pengaruhnya sehingga kekurangan dan kebutuhan dapat diketahui, dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, berdasarkan hasil dari penelitian yaitu bangunan yang menerapkan multisensori umumnya dapat menpengaruhi suasana ruang.