TitleSekolah Dasar dengan Pendekatan Post Pandemic di Jakarta Utara
DescriptionManusia sudah hidup berdampingan bersama virus COVID-19 selama dua tahun.
Selama dua tahun ini terjadi penurunan pembelajaran pada sekolah dasar
dikarenakan virus tersebut. Penelitian ini akan menghasilkan pedoman dasar
dalam perancangan sekolah dasar yang tanggap terhadap virus COVID-19,
penerapan arsitektur pada sekolah agar dapat membuat pembelajaran tatap
muka pasca pandemi menjadi lebih efektif. Sekolah dasar ini akan diterapkan di
Papanggo, Jakarta Utara. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan datadata
dari jurnal nasional dan internasional, kemudian dianalisa dengan
membandingkan dengan data yang sudah diberikan oleh pemerintah terkait
sekolah dasar pasca pandemic. Data-data jurnal akan didukung oleh analisa
presedent sekolah dasar yang sudah memenuhi kriteria sekolah dasar post
pandemic serta wawancara dengan guru sekolah dasar dari sekolah nasional dan
internasional. Data tersebut akan melalui proses tahap analisa dan
menghasilkan kriteria desain sekolah dasar yang tanggap terhadap virus COVID-
19, dimana hasilnya; menjaga jarak didalam kelas terdapat, pertukaran udara
silang, furniture menyesuaikan ergonomi anak, teknologi untuk mempercepat
pengeringan droplet, pencahayaan alami, dan penambahan outdoor learning.