TitleSekolah Dasar dengan Pendekatan Post Pandemic di Jakarta Utara
DescriptionManusia sudah hidup berdampingan bersama virus COVID-19 selama dua tahun. Selama dua tahun ini terjadi penurunan pembelajaran pada sekolah dasar dikarenakan virus tersebut. Penelitian ini akan menghasilkan pedoman dasar dalam perancangan sekolah dasar yang tanggap terhadap virus COVID-19, penerapan arsitektur pada sekolah agar dapat membuat pembelajaran tatap muka pasca pandemi menjadi lebih efektif. Sekolah dasar ini akan diterapkan di Papanggo, Jakarta Utara. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data-data dari jurnal nasional dan internasional, kemudian dianalisa dengan membandingkan dengan data yang sudah diberikan oleh pemerintah terkait sekolah dasar pasca pandemic. Data-data jurnal akan didukung oleh analisa presedent sekolah dasar yang sudah memenuhi kriteria sekolah dasar post pandemic serta wawancara dengan guru sekolah dasar dari sekolah nasional dan internasional. Data tersebut akan melalui proses tahap analisa dan menghasilkan kriteria desain sekolah dasar yang tanggap terhadap virus COVID-19, dimana hasilnya; menjaga jarak didalam kelas terdapat, pertukaran udara silang, furniture menyesuaikan ergonomi anak, teknologi untuk mempercepat pengeringan droplet, pencahayaan alami, dan penambahan outdoor learning.