TitleSekolah Dasar dengan Pendekatan Arsitektur Perilaku di Jakarta Barat
DescriptionFasilitas di sekolah dasar perlu bisa mengakomodasi perilaku-perilaku siswa dengan menerapkan pengalaman belajar yang berpusat pada alam dan mendorong pemahaman yang lebih dalam tentang hubungan antara manusia dan lingkungan. Konsep sekolah ini menggabungkan unsur-unsur pendidikan formal dengan pembelajaran praktis di alam terbuka. Dengan berfokus pada interaksi tersebut, sekolah dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan karakter anak dan mempromosikan nilai-nilai keberlanjutan. Melalui pendekatan arsitektur perilaku menekankan interaksi manusia dengan bangunan, lingkungan sekitar, serta antarindividu di dalamnya. Aspek-aspek seperti pencahayaan alami, sirkulasi udara, privasi, dan penggunaan ruang yang nyaman menjadi fokus utama. Ruang-ruang yang dirancang dengan baik dapat menciptakan suasana yang meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan kualitas hidup. Penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan dan ruang edukatif yang diterapkan di sekolah ini dapat membantu perkembangan anak, menumbukan nilai-nilai berkelanjutan dalam diri, dan mendukung kualitas hidup mereka serta memberikan panduan bagi perancang arsitektur dalam menghadapi tuntutan desain ruang yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak dalam proses belajar dan tumbuh kembang mereka.