TitlePerpustakaan Umum dengan Fasilitas VARK melalui Pendekatan Arsitektur Hybrid di Meruya Selatan
DescriptionPerpustakaan umum cenderung menyediakan ruang yang hanya menyediakan fasilitas meja dan kursi untuk mendukung aktivitas belajar pengguna dengan metode reading. Sementara itu, berbagai penelitian di Indonesia menunjukkan preferensi pembelajaran setiap individu yang cenderung variatif dan tidak hanya berkutat pada reading, melainkan juga melalui metode visual, auditorial, dan kinesthetic. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan Hybrid Architecture pada perancangan perpustakaan umum Meruya Selatan dengan cara menyilangkan fungsi utama ruang koleksi perpustakaan dengan ruang khusus yang difungsikan sebagai variasi fasilitas ruang belajar berdasarkan metode pembelajaran VARK (Visual, Auditorial, Reading, Kinesthetic). Penelitian didasari oleh metode kualitatif, dimana analisis preseden dilakukan untuk menemukan Quality Objectives dari sistem persilangan fungsi bangunan melalui pendekatan Hybrid Architecture yang dapat diterapkan pada aspek program ruang, persilangan antar fungsi zona ruang, hubungan antar zona ruang, dan interpretasinya terhadap bentuk massa bangunan.