TitlePAUD Terpadu Dengan Pendekatan Arsitektur Perilaku Di Jakarta Utara
Description
Penelitian ini membahas bagaimana desain arsitektur memengaruhi lingkungan Pusat Pendidikan Anak Usia Dini Terpadu di Jakarta Utara dan dampaknya terhadap pendidikan anak usia dini. Dengan semakin banyaknya fenomena working parents, kebutuhan akan pusat pendidikan anak usia dini berkualitas semakin meningkat. Studi ini menggunakan pendekatan perilaku arsitektur untuk mengevaluasi elemen desain seperti tata ruang, pencahayaan, material, dan ventilasi yang dapat memengaruhi perkembangan kognitif, emosional, dan sosial anak. Analisis terhadap pusat pendidikan yang sudah ada mengungkap fitur-fitur arsitektur yang mendukung kreativitas, pembelajaran, dan interaksi sosial. Selain itu, strategi desain seperti fleksibilitas, keamanan, dan rangsangan sensorik juga ditinjau sebagai cara untuk meningkatkan perkembangan anak. Penelitian ini menekankan pentingnya menerapkan prinsip perilaku arsitektur dalam menciptakan ruang yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak. Hasilnya menunjukkan bahwa pusat pendidikan anak usia dini yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan menciptakan lingkungan yang mendukung serta menarik bagi anak-anak di Jakarta Utara.