Final Projects
Redo Vernanda

Redo Vernanda

Redo Vernanda
Title Sekolah Luar Biasa Tuna Daksa Dengan Pendekatan Post Traumatic Di Jakarta Timur
Description Dewasa ini, anak berkebutuhan khusus tunadaksa diketahui memerlukan pendidikan, dalam hal ini diperlukan sekolah luar biasa yang memadai,  namun jumlah sekolah luar biasa di jakarta belum cukup memadai. Oleh karena itu, diperlukan sekolah luar biasa yang lebih memadai, khususnya bagi mereka yang juga mengalami post traumatic dari kejadian-kejadian di masa lalu. Dalam lingkup ini, dibutuhkan sekolah luar biasa yang dapat mencakup semua kegiatan anak tuna daksa khususnya di Jakarta Timur. Penelitian ini menjelaskan beberapa aspek penting yang dapat diterapkan pada Sekolah Luar Biasa di Jakarta Timur sehingga dapat menjadi sekolah yang dapat mendukung semua kegiatan akademis maupun non-akamdemis di sekitar lokasi. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data kualitatif menggunakan metode Observasi Lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat ruangan - ruangan khusus di dalam sekolah luar biasa, kebutuhan akademis dan non-akademis prasarana ruang yang menjadi fokus penelitian ini. Hasil analisis dan pembahasan dalam menanggapi fungsi Sekolah Luar Biasa Tuna Daksa sebagai sarana pendidikan di Jakarta Timur, ada beberapa aspek utama yang akan diterapkan, seperti penyediaan ruang terapi, ruang kelas, ruang terbuka hijau dan lain-lain dengan memperhatikan kriteria sekolah. Hasil penelitian adalah penerapan konsep sekolah luar biasa khusus untuk anak Tuna Daksa penderita PTSD sebagai sarana pendidikan di Jakarta Timur.