Final Projects
Vivin Liony

Vivin Liony

Vivin Liony
Title Sekolah Dasar Inklusif Dengan Pendekatan Arsitektur Perilaku di Kembangan Meruya Selatan
Description Pendidikan inklusif merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan kesetaraan pendidikan bagi peserta didik penyandang disabilitas. Pendidikan inklusif merupakan sebuah program pendidikan dimana baik peserta didik umum dan peserta didik berkebutuhan khusus belajar dalam suatu lingkungan belajar mengajar yang sama.   Sekolah Dasar Inklusif dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan dari siswa umum dan siswa berkebutuhan khusus dengan cakupan ketunaan yaitu Tunadaksa, Tunarungu dan Tunagrahita yang mempertimbangkan faktor keamanan, kenyamanan, dan keselamatan dari seluruh pengguna dan peserta didik.   Melalui permainan pola dan warna bangunan dirancang untuk menstimulasi kemampuan belajar, explorasi dan interaksi antar siswa dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan peserta didik dan mengurangi kesenjangan antara siswa umum dan siswa berkebutuhan khusus.   Selain ruang-ruang utama seperti kelas dan ruang guru, bangunan juga dilengkapi fasilitas pendukung lainnya berupa - Therapy and counseling facility - Assessment room - Multifunction area - Playground - Event Hall