People Innovation Excellence

Bukaan/Jendela Pada Sistem Penghawaan Hybrid Berdasarkan Perhitungan Air Changes Per Hour

Jefri Efendi

Abstrak. Penyebab terjadinya Sick Building Syndrome (SBS) adalah kondisi ventilasi udara yang buruk (50-68%) yang dikarenakan Gedung-gedung tinggi dibangun dengan struktur lebih tertutup dan umumnya dilengkapi sistim sirkulasi udara serta pendingin buatan untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Udara luar yang masuk ke dalam sistim ventilasi gedung akan berkurang bahkan mencapai titik nol, hanya udara resirkulasi yang digunakan untuk bernafas. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah dari tahap pengumpulan data (studi literatur dan observasi lapangan), tahap analisis (penyebab terjadinya SBS, sistem penghawaan hybrid (penghawaan alami dan penghawaan buataan) serta rumus dan variabel perhitungan air changes per hour (ACH)), tahap perancangan (bukaan dan sistemnya) serta tahap perhitungan luas bukaan sesuai standar kebutuhan ACH dan Simulasi CFD (Computational Fluid Dynamics) untuk mengetahui pergerakan angin dalam ruangan. Hasil yang dicapai adalah Bukaan/jendela pada sistem penghawaan hybrid berdasarkan perhitungan (ACH) berguna untuk kesehatan penghuni dengan adanya pertukaran udara pada ruangan yang berbeda-beda volume-nya sesuai standar kebutuhan ACH. Berikutnya adalah tahap perakitan prototype, perakitan prototype dilakukan sesuai dengan hasil pembahasan sebelumnya, setelah perakitan akan dilakukan tes prototype untuk mengetahui hasil dari pembahasan tersebut. Jika prototype dapat bekerja sesuai sistem yang di-design dan terjadi pertukaran udara dengan baik maka prototype dinyatakan berhasil.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close