People Innovation Excellence

PERAN ANGIN PADA SELUBUNG GANDA GEDUNG KANTOR BERTINGKAT TINGGI DI JAKARTA

Prinsip pembangunan berkelanjutan pada gedung kantor bertingkat tinggi di beberapa kota besar di Indonesia sudah saatnya untuk diterapkan. Ada indikasi gedung-gedung tinggi di Jakarta tidak dirancang dengan prinsip konservasi energi. Salah satu aspek paling penting pada bangunan bertingkat tinggi adalah teknologi  penghematan energi yang terletak pada desain selubung bangunan. Selubung bangunan dengan kaca penuh, bertujuan untuk memperluas pemandangan, meningkatkan  penerangan alami, namun  juga berdampak meningkatkan konsumsi energi dan ketidaknyamanan termal karena intensitas radiasi matahari di daerah iklim panas lembab. Desain selubung bangunan mempunyai peran penting terhadap pengendalian energi yang dikonsumsi. Selama dekade terakhir ini bertambahnya jenis  bangunan tinggi dengan selubung ganda (Double Skin Façade: DSF) nampaknya lebih berfungsi sekedar untuk meningkatkan estetika dan pemanfaatan penerangan alami, sedangkan pertimbangan aspek angin dan kinerja termal masih kurang memperoleh perhatian yang serius.

Penelitian bertujuan menyelidiki dan membandingkan nilai perambatan panas pada selubung bangunan gedung kantor bertingkat tinggi. Sampel dipilih lima variant gedung DSF, dengan rongga tertutup dan terbuka. Metoda penelitian dilakukan dengan pengukuran perambatan panas melalui pengukuran lapangan pada gedung kantor PLN yang berlokasi di Jalan Trunojoyo, Jakarta, sedangkan software ”Computational Fluid Dynamic” (CFD) digunakan untuk simulasi model. Kedua gedung PLN memiliki orientasi sama, namun berbeda desain selubung bangunannya. Dipilihnya kedua gedung sebagai obyek penelitian, adalah untuk memperoleh gambaran perbandingan nilai perambatan panas pada SSF dan DSF. Eksperimen pengembangan sistem ventilasi pada model selubung ganda gedung PLN DSF dilakukan untuk mengetahui pengaruh angin terhadap nilai perambatan panas melalui tampilan gambar gradasi hasil simulasi CFD. Penelitian membuktikan bahwa gedung-gedung kantor bertingkat tinggi yang menjadi obyek penelitian di Jakarta tidak menggunakan prinsip konservasi energi. Pemanfaatan angin pada rongga DSF  terbukti dapat mereduksi suhu dan meringankan beban sistem pengkondisian udara yang dapat menghemat energi. Temuan penting lainnya adalah tentang perlunya ventilasi dalam perancangan selubung ganda pada gedung kantor bertingkat tinggi di daerah tropis lembab. 


Published at : Updated
Written By
Ir. Daryanto, MSA.
Subject Content Coordinator Technology Design
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close