Aplikasi SketchUp cukup terkenal di kalangan perguruan tinggi, sekolah rancang arsitektur. Keterbukaan yang di tawarkan oleh aplikasi ini adalah yang utama dan berikutnya adalah tatap muka yang bersahabat dengan pengguna menjadi kekuatannya. Selain itu pengoperasian yang intuitif juga membuatnya mudah digunakan dan menyenangkan. Baik pengguna awam hingga profesional akan cepat memahami penggunaan aplikasi yang sekarang menjadi bagian dari Trimble ini (2012).

Produk SketchUp 8, terbagi menjadi dua kategori yaitu Gratis (Free) dan Pro, yang menawarkan fitur lebih lengkap.

Untuk perguruan tinggi dan sekolah, terdapat paket khusus yang ditawarkan, yaitu paket lisense gratis untuk pengajar dan diskon yang cukup signifikan bagi pleajar, dan kelas lab komputer. SketchUp Pro menjadi lebih murah untuk di miliki. Dengan kemudahan ini diharapkan kemajuan rancang arsitektur dapat cepat berkembang dengan lebih menghabiskan waktu untuk hal yang lebih penting ketimbang blajar aplikasinya. Bidang yang dinaungi oleh SketchUp Pro adalah Perancangan dan Arsitektur, Teknik, Konstruksi dan Hiburan Digital.

Selain paket lisensi gratis, pengampu juga di fasilitasi dengan komunitas, situs untuk berbagi, bersosial dan belajar. Situs ini di fasilitasi oleh Google dan secara terbuka disediakan bagi pengampu dan pelajar.

Fitur-Fitur yang terdapat dalam jejaring komunitas Google SketchUps for Educators  adalah:

  • Basic Tutorials & Tips
  • Join the discussion
  • Google SketchUp Lesson Plans
  • Quotes from Users
  • Google SketchUp for My Class
  • Student Created Showcase!

SketchUp Pro Educator License
Pengampu dapat mengajukan permohonan fitur lengkap SketchUp Pro tanpa biaya sepeser pun untuk di pasang pada unit komputernya. Lengkapnya dapat mengunjungi situs ini.