People Innovation Excellence

The New Mathematics of Architecture

Sejak manusia mulai membangun, arsitektur selalu bertumpu pada matematika untuk mendapatkan keserasian visual, integritas struktur, dan logika konstruksi. Pada sebagian besar bangunan bersejarah, arsitek telah menerapkan prinsip-prinsip geometri Euclid seperti pendeskripsian titik, garis, bidang, sesuai dengan tiga sumbu ruang.

Dengan berkembangnya alat-alat perancangan digital dan kemampuan komputer yang meningkat, bersamaan dengan meningkatnya peminatan dalam fisika dan matematika murni, telah memberikan arsitek sebuah sarana untuk menjelaskan dan membangun konstruksi spasial yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Pembahasan yang cermat dari beberapa proyek bangunan internasional (sebagian besar terbangun) pada buku ini menawarkan gambaran tentang bagaimana strategi berlandaskan teori matematika diaplikasikan melalui berbagai ilustrasi. Analisa dilakukan terhadap bangunan-bangunan yang dibagi dalam enam topik:

  • Mathematical surfaces and seriality.
  • Complexity theory.
  • Tessellation.
  • Optimization.
  • Topology.
  • Datascapes.

Penulis mencoba menyederhanakan teori matematika dan geometri yang rumit sehingga pembaca umum dapat mengikutinya. Namun, kekurangan dalam buku ini adalah beberapa pembahasan mengenai bentuk “matematika baru” yang ingin disampaikan terlihat kehilangan penjelasan dan kurang terdefinisikan dengan baik. Bahkan daftar istilah di bagian belakang buku ini hanya memuat penjelasan umum yang sangat singkat dari konsep matematika.

Kesimpulannya buku ini memuat ide-ide besar dan gambar-gambar yang baik dari proyek-proyek arsitektur tahun 2010an. Bagi yang ingin memahami konsep-konsep matematika sesungguhnya untuk menghasilkan bentuk-bentuk baru perlu menindak lanjuti dengan referensi-referensi yang lain.


Published at : Updated
Written By
Firza Utama S.
LS / DigitalArchitecture
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close